Pentingnya data


Dua hari terakhir, jagat dunia maya sedang dihebohkan dengan kebijakan pemerintah untuk menghapuskan salah satu data yang katanya terjadi kesalahan inputan data sehingga menimbulkan distorsi dalam penilaian. Meskipun ternyata hari ini muncul klarifikasi bahwa data tersebut bukannya dihapuskan, namun sedang dievaluasi sehingga tidak dipergunakan sementara.

Jadilah dua hari ini, banyak yang menyebutkan dan berargumentasi tentang data, data, dan data. Memang sebenarnya, apa itu data? Seberapa pentingnya data?

Disclaimer sebelumnya, saya juga bukan ekspert alias ahli. Saya cuma penjaga warung ramen yang kebetulan pernah belajar tentang statistik.

Jadi, data itu sebenarnya adalah kumpulan fakta. Iya, cuma kumpulan fakta. Gampangnya seperti ini. Misalkan dua hari yang lalu saya makan siang nasi lauk ayam goreng. Itu adalah fakta. Kemudian, kemarin saya makan siang nasi lauk mendoan, dan hari ini saya makan malam nasi lauk bakwan goreng. Ketiga fakta tersebut jika dikumpulkan akan menjadi data menu makanan saya selama tiga hari terakhir.

Nah, di dunia ini, ada orang-orang yang pekerjaannya melakukan analisis data dan mengolahnya menjadi sebuah informasi. Informasi inilah, yang nantinya akan digunakan oleh pihak-pihak terkait yang membutuhkan, untuk kebutuhannya masing-masing. Misalkan, dalam contoh kali ini pihak terkaitnya adalah dokter pribadi saya.

Dari menu makanan saya, dokter akan mendapatkan informasi bahwa saya akhir-akhir ini sering makan gorengan yang berminyak. Dokter nantinya juga yang akan memutuskan dan mengambil kesimpulan apakah hal tersebut baik untuk saya, atau tidak. Misal dua hari ke depan saya sakit radang tenggorokan dan saya berobat ke dokter, ia akan memperoleh informasi dari data menu makanan saya, dan tahu apa penyebab saya radang tenggorokan. Dokter jadi bisa meresepkan obat yang sesuai, juga bisa meminta saya untuk mengurangi makanan berminyak. Kalau tidak ada informasi awal mengenai apa saja yang saya makan selama tiga hari terakhir, keputusan yang diambil oleh dokter mungkin tidak akan seakurat jika tidak ada data menu makanan saya sebelumnya.

Nah, sampai sini paham kan, betapa pentingnya data bisa berdampak pada kesehatan saya? Atau bahkan, dapat mengubah keadaan suatu negara?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.